GARIS
– GARIS BESAR PROGRAM PENGAJARAN
(GBPP)
DIKLAT
TEKNIS GRAFIKA

1. Judul Mata Pelajaran : Penyelesaian
Grafika
2. Waktu pertemuan : 160 jam @ 45 Menit
3. Deskripsi
Singkat : Materi bahan ajar penyelesaian
Grafika dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan ,sikap dan ketrampilan bagi siswa
SMK Binamedia Medan untuk dapat mengerjakan produksi pracetak sesuai peraturan Kegrafikaan
yang berlaku.
4. Tujuan
Pembelajaran Umum (TPU) : Setelah
mengikuti pelajaran Proses terjadinya buku di unit Penyelesaian Grafika siswa diharapkan
dapat memahami cara peningkatan kualitas/mutu jilid buku pelajaran dan bacaan dan membuat Kartonase dan Kemasan.
No.
|
Tujuan Pembelajaran Khusus
|
Pokok Bahasan
|
Sub Pokok Bahasan
|
Metode Pengajaran
|
Media Pengajaran
|
Estimasi Waktu
|
Daftar Pustaka
|
1.
2.
3.
|
Setelah mengikuti pelajaran ini siswa
mampu :
Mengetahui
Tugas dan fungsi Penyelesaian
Grafika
Setelah mengikuti pelajaran ini siswa mampu :
-
Menjelaskan proses terjadinya
buku.
-
Menerangkan jenis-jenis penjilidan
-
Menjelaskan teknik teknik menjilid
Buku .
Setelah mengikuti pelajaran
ini siswa
mampu:
- Menjilid buku sampul lunak
- Menjilid buku sampul keras.
- Mengoperasikan Mesin Jilid.
|
Pengantar Penyelelesaian
grafika
Proses penjilidan buku dan
majalah.
Teknik menjilid buku /
majalah/ kwitansi/ Buku catatan..
|
Ruang lingkup
Dan kegiatan
-
- Dasar-dasar pekerjaan menjilid buku
- Jenis sistem penjilidan
- Teknik-teknik dalam proses penjilidan.
- Jahit kawat
- Jahit benang
- Jilid lem panas
- Jilid lem dingin
Sistim Lumbeck
- Jilid Spiral
|
- Ceramah
-
Tanya jawab
-
Demontrasi
-
Job Sheet
-
Hand Out
|
LCD
OHP
Transparan
White Board
Komputer
|
6 Jam
10 Jam
83 Jam
|
Diklat Penyelesaian Grafika
di Pusgrafin Jakarta..
|
No.
|
Tujuan Pembelajaran Khusus
|
Pokok Bahasan
|
Sub Pokok Bahasan
|
Metode Pengajaran
|
Media Pengajaran
|
Estimasi Waktu
|
Daftar Pustaka
|
.
4.
|
Setelah mengikuti pelajaran
ini siswa mampu:
-
Mengetahui bahan bahan penjilidan
-
Mengetahui jenis jenis mesin
penjilidan
|
Pengetahuan bahan dan mesin penjilidan.
|
Jilid Dikartonkan
Pot. Rata 3 sisi
Pot. ½ lipatan
Pot.lipatan penuh
Jilid Band Zetter
Punggung rata
Punggung bulat
Half Bond
Full Bond
- Fungsi bahan bahan praktek
- Mampu meng operasikan Mesin
Mesin yang ada di Jurusan
Penyelesaian Grafika / Penjilidan.
|
-
Ceramah
-
Tanya jawab
-
Demontrasi
|
LCD
OHP
Transparan
White Board
Komputer
|
6 Jam
|
Diklat Penyelesaian Grafika
Pusgrafin Jakarta
|
No.
|
Tujuan Pembelajaran Khusus
|
Pokok Bahasan
|
Sub Pokok Bahasan
|
Metode Pengajaran
|
Media Pengajaran
|
Estimasi Waktu
|
Daftar Pustaka
|
.5.
6
7.
|
Setelah mengikuti pelajaran ini siswa
mampu :
-
Menghitung keperluan bahan
-
Membuat skema/gambar potong
-
Membuat jalur potong
-
Mengetahui alat yang
digunakan memotong bahan dengan manual.
Setelah mengikuti pelajaran ini siswamampu ;
- Mengoperasikan mesin lipat
- Membuat jenis jenis
lipatan dengan baik
- Melipat kertas dengan manual
dengan baik dan benar.
Setelah mengikuti pelajaran ini siswa mampu :
- Membuat kebutuhan kantor berupa Box File,Stop maf,amplop dan tempat
penimpanan barang lainnya.
- Mampu membuat Doos tempat barang,dan makanan.
|
Teknik memotong bahan dan buku.
Teknik melipat
Teknik Kartonase dan Kemasan.
|
- Mesin potong
- Alat memotong
Dengan manual
Mesin Lipat kertas
-
Alat melipat dengan manual
-
Mesin Pon
-
Alat praktek
|
- Ceramah
-
Tanya jawab
-
Demontrasi
|
LCD
OHP
Transparan
White Board
Komputer
|
20 jam
10
jam
25
Jam
|
Diklat Penyelesaian Grafika
Pusgrafin Jakarta.
|
SATUAN ACARA PEMBELAJARAN
(SAP)
PERSIAPAN PRODUKSI GRAFIKA
1.JUDUL MATA DIKLAT : Pengantar
Penyelesaian Grafika
2.WAKTU PERTEMUAN : 2 jam @ 45 menit
3.TUJUAN PEMBELAJARAN UMUM (TPU) DAN
TUJUAN PEMBELAJARAN KHUSUS (TPK)
A. TPU : Setelah mengikuti pelajaran penyelesaian grafika siswa dapat mengetahui arti , tugas,hubungan kerja,
penyelesaian dengan unit unit lain.
B. TPK : - Setelah mengikuti pelajaran siswa mengetahui jenis jenis sistim penjilidan (
Sampul lunak dan Sampul keras )
-
Setelah mengikuti pelajaran siswa dapat
menerangkan tentang tugas pokok dan fungsi di Jurusan Penyelesaian Grafika.
4. POKOK
BAHASAN : Pengantar Penyelesaian Grafika
5. SUB
POKOK BAHASAN : Ruang
lingkup dan Kegiatan di Jurusan Penyelesaian Grafika
6.
KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR ( KBM )
No.
|
Tahap
Kegiatan
|
Kegiatan Widyaiswara/Instruktur
|
Kegiatan Peserta
|
Metode
|
Alat Bantu
|
1
2.
3.
|
Pendahuluan
Penyajian Materi
Penutup
|
1.1.
Penyampaian salam dan
memperkenalkan diri.
1.2.
Menjelaskan cakupan materi
berupa pokok bahasan
2.1.
Menjelaskan tentang pengertian
Penyelesaian Grafika.
2.2.
Menjelaskan tugas dan fungsi
Penyelesaian Grafika
2.3.
Menjelaskan jenis – jenis
Teknik menjilid Buku dan Majalah
Kesimpulan
|
Memperhatikan,
Mencatat
dan
Bertanya
|
Ceramah
Tanya-jawab
|
LCD/OHP
Bahan
Ajar
Hand
Out
|
7.
EVALUASI PENGAJARAN : Jelaskan Pengertian Penyelesaian Grafika !
Sebutkan tugas pokok dan fungsi Penyelesaian
Grafika !
Jelaskan teknik teknik menjilid buku !
8.
REFERENSI : Diklat
Instruktur Penyelesaian Grafika Pusat Grafika Indonesia di Jakarta
TEAM PERSIAPAN PRODUKSI /PENYELESAIAN
GRAFIKA ;
Medan , Pebruari 2012
Ketua Anggota
……………………… 1.…………………………..
2.…………………………..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar