ASAL MUASAL MARGA PADANG ANAK NI SUHUT NIHUTA
anak dari omputuan situmorang suhut nihuta pergi merantau ke tanah
pakpak dairi dan sesampai di tanah dairi tanpa bermodalkan apa2 ,
kebetulan ada sayembara yang dilakukan oleh raja dairi barang siapa
yang dapat memanjat pohon kelapa yang sangat tinggi dan licin tersebut
akan menjadi menantunya . Banyak peserta yang gagal sebab siraja dairi
tidak hanya membuat licin pohon tersebut
tetapi juga memakai sedikit ilmu dalam dan akhirnya tiba lah giliran
suhut nihuta , lalu dengan mengikatkan padang2 dikaki nya dia berusaha
keras memanjat pohon kelapa yang diminta oleh raja tersebut dan akhirnya
berhasil sampai kepuncak karena ompu suhutni huta juga memiliki sedikit
ilmu kebatinan , dan akhirnya sahlah dia menjadi menantu darI raja ,
tersebut dan dia menikahi putri raja tersebut . Setelah itu
mengandunglah istri ompu suhut ni huat dan , antara ompu suhut nihuta
memiliki sedikit masalh keluarga dgn raja maka , diusir lah mreka dari
dairi sehingga suhut ni huta pun dan istrinya pergi ke jambu/kab.pakpak
bharat
disana suhut ni huta membuka lahan dan tiba lah
akhirnya putri raja melahirkan , dan saat anak mreka lahir mreka pun
menamainya '' SORITANDANG'' dan mreka adalah raja dikampung JAMBU
setelah dewasa SORITANDANG menikah dengan BORU nahampun ,
dan melahirkan marga ''PADANG''
sehingga akhirnya bertambah banyaklah keturunannya ,
PADANG JAMBU/PADANG BATANGHARI
ini tetap satu .
Ini karena hanya persoalan lahan yang ada dijambu kala itu ada 2 orang anak SORITANDANG
yang bernama PASONTANG PADANG DAN PERTEMPUS PADANG mreka mempersalahkan lahan
dan cekcok sehingga pada suatu ketika mreka berkelahi di sungai dan
pasontang pun mendorong si pertempus ke dalam air sehingga hanyut
terbawa arus . Dan akhirnya pasontang lah yang bertahan dijambu dan
pertempus terus terbawa arus sampai ke aek habeahan dan suatu ketika
salah seorang dari pomparan habeahan pun memncing ikan dan melihat ada
manusia yang tenggelam ia segera menolong dan membawa ke darat dan
ternyata sukurlah bahwa pertempus hanya pingsan saja . Lalu setelah
sadar si pertempus pun menceritakan semua kejadian hidupnya , dan mulai
saat itulah si kabeakan menamai ia PADANG BATANGHARI dan mreka mengikat
janji sisada anak sisada boru sisadalulu ni anak sisada luluniboru ,
semenjak itulah PADANG BATANGHARI dikatakan namarata , itu hanya karena
PADAN tidak ada hubungan darah , dan marga kabeakan memberi lahan kepada
PADANG BTH sebagai Tanda mreka telah berpadan
sekian !!!!!! Bila ada yang salah harap dimaklumi
Horas di bapa i, adong do tahe buku aslina turi2an on bapa?
BalasHapusSalah, marga padang itu suku pakpak, kalau cari sejarah nya tentu versi pakpak menjadi acuan,
HapusIni pasti cerita karangan lagi
BalasHapusBukannya ada fakta2 peninggalan yg sesuai dengan cerita ini.
Kalo ini bukan karangan semata, siapalah nama anak omputuan situmorang yg merantau tsb???
Kalo memang padang berasal dari marga situmorang, kenapa bisa padang bisa jadi suku pakpak???
Mohon diteliti
Udah dibilang tadi disitu karna dia merantau ke pakpak
HapusSemua orang tau padang itu masuk ke situmorang suhutnihuta
HapusGak nyambung, marga padang itu pakpak,beda lah leluhurnya
HapusAku pak-pak bukan batak,tau kalian arti Batak itu apa,,jadi marga Padang bukan orang Batak dan tak serupa dengan Situmorang,,
BalasHapusBetul sekali itu...setuju. ini ada yg karang cerita dan mengaku2 aja.
HapusEmng kalo kamu tau BATAK itu apa cba jlaskan..
HapusKlo emng anda mrasa malu jd orang batak cba tnya ketua adat pakpak dan sejarawan pakpak.. Apakah pakpak itu batak atau bukan..
Susah kalilah hidup mu kawan. Saya bermarga siringoringo kenal dengan marga padang, dia mengaku situmorang juga kalo di toba, dan mengaku sebagai batak juga
HapusKalo q bilang itu benar
BalasHapusKarna cerita itu tidak jau yang seperti di ceritakan ibuku
Tapi aku lihat di peta seperti itu juga
BalasHapusPeta marga situmorang suhutnihuta
Dan orang tua q pun bercerita seperti itu juga
Emang si agak ada perbedaan. Tapi tidak jau
Saya prnah tugas di bengkulu utara, disana ada gereja hkbp dan jemaatnya tdk bnyak, saya slalu ibadah dsna. Suatu ketika seorg jemaat yg knalan dgn saya memberitahu kl ketua bangunan di gereja itu marga situmorang, krn kbetulan saya jg situmorang. Akhirnya suatu ketika saya kenalan dgn dia lalu kami martarombo. Prtama dia tanya saya, "situmorang aha dohamu?"
BalasHapusSaya jawab, "suhut nihuta do au bapa". (aku panggil dia bapa, krn dia sdh jauh lbhtua dr saya.
Dia bilang lg, "bah..sarupa do hita ? Alai unang ma jou au 'bapa', au do marbapa tu ho, ai padang jambu do au".
Aku jawab, "adat samosir do hita bapa, naparjolo tubu, ido tetap siabangan."
Jd kl ada marga padang jambu yg tdk mengakui garis keturunan dr situmorang suhut nihuta, rasanya agak aneh, dan mngkin itu padang lain selain padang jambu.
Cerita di atas memang tdk sepenuhnya benar, tp mirip. Krn yg nikah dgn putri pakpak itu bukan tuan suhut nihuta langsung, tp keturunan dr suhut nihuta bbrapa generasi dibawahnya.
Memang pakpak bkn bagian dr batak/toba, sama halnya karo, simalungun, mandailing jg bukan bagian dr batak, tp diantara marga2 mereka sdh trjadi asimilasi dlm rentang waktu yg sangat lama. Itulah yg mnyebabkan ada bbrapa marga yg sama atau msh saling berafiliasi di kelima suku itu. Saya rasa tdk jd maslh seorg bermarga padang jambu mnyatakan dirinya org pakpak sekaligus mnyatakan dirinya anak dr situmorang suhut nihuta. Tdk mslh jg seorg bermarga siregar mnyatakan dirinya seorg mandailing sekaligus jg mnyatakan dirinya anak si raja lontung. Kelompok kesukuan hnyalah identitas umum, krn yg trpenting kita jgn smpe lupa siapa "bapak dan ibu" kita.
Ini hnya pendapat pribadi saya, mohon maaf kl ada yg salah, Trims all
Sangat setuju
HapusHoras.. Au tubuni boru situmorang suhut ni huta.. Jala au marga pasaribu.. Boasa di dokkon padang masuk tu pasaribu. Pdahal molo hu jaha silsilah ni lae on. Nga tung pas hian be nian.mohon penjelasan lae ku
BalasHapusItu betul cerita nya
BalasHapusPadang situmorang itu sama
BalasHapusTp klw marga padang masuk sma situmorang suhut ni huta
Ok..
BalasHapusKisah yang sangat unik untuk kita ceritakan.
Sejarah marga kita.
Kesimpulannya marga padang batang hari ada 2 jenis.
BalasHapusPertama : marga Padang Batang Hari dari Keturunan Op. Suhut NI Huta /Situmorang /Soritandang dari Toba.
Kedua, Marga Padang Batang Hari dari tarombo Raja Pakpak, yakni dari Suak Simsim. Ini menunjukkan asal mula nenek moyang Suku Papak berasal dari Klen Suku Tamil di India Selatan. Karena nama nama : Gajah, Batanghari, Maha, Manik adalah nama dari klen2 di India.
Generasi papigahon ma mulai adong marga padangbatanghari on sian si rajabatak
BalasHapusSaya selaku marga Padang Batanghari menjelaskan,ini salah!
BalasHapusSaya Marga Padang Jambu, dan saya setuju dengan Unggahan ini, Krn beberapa orang Tua yang saya tanyakan sama ceritanya. Trims
BalasHapusSama bang saya marga Padang jambu setuju
HapusKaran mamak,bapak,keluarga saya juga menceritakan gitu
Setauku di pakpak tidak ada marga menurunkan marga lain.
BalasHapusSalut saya orang batak tidak mengakui diri nya batak..
BalasHapusKarna batak terbagi 6
Batak toba, batak pakpak, batak karo, batak simalungun, batak mandailing, batak angkola
Jgn malu jd orang batak, nenek moyang mu malu punya keturunan tdak mengakui suku nya brarti melupakan budayanya..
Maaf Saya cuma tanya apakah dulunya setiap org batak toba yg merantau ke daerah yg lain suku,Marganya ganti menjadi marga suku tsb
BalasHapusMaaf Saya cuma tanya apakah dulunya setiap org batak toba yg merantau ke daerah yg lain suku,Marganya ganti menjadi marga suku tsb
BalasHapusITU SALAH BANG / KAK
BalasHapusPADANG BATANG HARI SAMA PADANG JAMBU ITU BEDA