Minggu, 20 Mei 2012

ASAL MUASAL MARGA PADANG ANAK NI SUHUT NIHUTA



anak dari omputuan situmorang suhut nihuta pergi merantau ke tanah pakpak dairi dan sesampai di tanah dairi tanpa bermodalkan apa2 , kebetulan ada sayembara yang dilakukan oleh raja dairi barang siapa yang dapat memanjat pohon kelapa yang sangat tinggi dan licin tersebut akan menjadi menantunya . Banyak peserta yang gagal sebab siraja dairi tidak hanya membuat licin pohon tersebut tetapi juga memakai sedikit ilmu dalam dan akhirnya tiba lah giliran suhut nihuta , lalu dengan mengikatkan padang2 dikaki nya dia berusaha keras memanjat pohon kelapa yang diminta oleh raja tersebut dan akhirnya berhasil sampai kepuncak karena ompu suhutni huta juga memiliki sedikit ilmu kebatinan , dan akhirnya sahlah dia menjadi menantu darI raja , tersebut dan dia menikahi putri raja tersebut . Setelah itu mengandunglah istri ompu suhut ni huat dan , antara ompu suhut nihuta memiliki sedikit masalh keluarga dgn raja maka , diusir lah mreka dari dairi sehingga suhut ni huta pun dan istrinya pergi ke jambu/kab.pakpak bharat

disana suhut ni huta membuka lahan dan tiba lah akhirnya putri raja melahirkan , dan saat anak mreka lahir mreka pun menamainya '' SORITANDANG'' dan mreka adalah raja dikampung JAMBU setelah dewasa SORITANDANG menikah dengan BORU nahampun ,

dan melahirkan marga ''PADANG''
sehingga akhirnya bertambah banyaklah keturunannya ,

PADANG JAMBU/PADANG BATANGHARI

ini tetap satu .
Ini karena hanya persoalan lahan yang ada dijambu kala itu ada 2 orang anak SORITANDANG
yang bernama PASONTANG PADANG DAN PERTEMPUS PADANG mreka mempersalahkan lahan
dan cekcok sehingga pada suatu ketika mreka berkelahi di sungai dan pasontang pun mendorong si pertempus ke dalam air sehingga hanyut terbawa arus . Dan akhirnya pasontang lah yang bertahan dijambu dan pertempus terus terbawa arus sampai ke aek habeahan dan suatu ketika salah seorang dari pomparan habeahan pun memncing ikan dan melihat ada manusia yang tenggelam ia segera menolong dan membawa ke darat dan ternyata sukurlah bahwa pertempus hanya pingsan saja . Lalu setelah sadar si pertempus pun menceritakan semua kejadian hidupnya , dan mulai saat itulah si kabeakan menamai ia PADANG BATANGHARI dan mreka mengikat janji sisada anak sisada boru sisadalulu ni anak sisada luluniboru , semenjak itulah PADANG BATANGHARI dikatakan namarata , itu hanya karena PADAN tidak ada hubungan darah , dan marga kabeakan memberi lahan kepada PADANG BTH sebagai Tanda mreka telah berpadan

sekian !!!!!! Bila ada yang salah harap dimaklumi

28 komentar:

  1. Horas di bapa i, adong do tahe buku aslina turi2an on bapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salah, marga padang itu suku pakpak, kalau cari sejarah nya tentu versi pakpak menjadi acuan,

      Hapus
  2. Ini pasti cerita karangan lagi
    Bukannya ada fakta2 peninggalan yg sesuai dengan cerita ini.

    Kalo ini bukan karangan semata, siapalah nama anak omputuan situmorang yg merantau tsb???
    Kalo memang padang berasal dari marga situmorang, kenapa bisa padang bisa jadi suku pakpak???
    Mohon diteliti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah dibilang tadi disitu karna dia merantau ke pakpak

      Hapus
    2. Semua orang tau padang itu masuk ke situmorang suhutnihuta

      Hapus
    3. Gak nyambung, marga padang itu pakpak,beda lah leluhurnya

      Hapus
  3. Aku pak-pak bukan batak,tau kalian arti Batak itu apa,,jadi marga Padang bukan orang Batak dan tak serupa dengan Situmorang,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali itu...setuju. ini ada yg karang cerita dan mengaku2 aja.

      Hapus
    2. Emng kalo kamu tau BATAK itu apa cba jlaskan..
      Klo emng anda mrasa malu jd orang batak cba tnya ketua adat pakpak dan sejarawan pakpak.. Apakah pakpak itu batak atau bukan..

      Hapus
    3. Susah kalilah hidup mu kawan. Saya bermarga siringoringo kenal dengan marga padang, dia mengaku situmorang juga kalo di toba, dan mengaku sebagai batak juga

      Hapus
  4. Kalo q bilang itu benar

    Karna cerita itu tidak jau yang seperti di ceritakan ibuku

    BalasHapus
  5. Tapi aku lihat di peta seperti itu juga

    Peta marga situmorang suhutnihuta

    Dan orang tua q pun bercerita seperti itu juga
    Emang si agak ada perbedaan. Tapi tidak jau

    BalasHapus
  6. Saya prnah tugas di bengkulu utara, disana ada gereja hkbp dan jemaatnya tdk bnyak, saya slalu ibadah dsna. Suatu ketika seorg jemaat yg knalan dgn saya memberitahu kl ketua bangunan di gereja itu marga situmorang, krn kbetulan saya jg situmorang. Akhirnya suatu ketika saya kenalan dgn dia lalu kami martarombo. Prtama dia tanya saya, "situmorang aha dohamu?"
    Saya jawab, "suhut nihuta do au bapa". (aku panggil dia bapa, krn dia sdh jauh lbhtua dr saya.
    Dia bilang lg, "bah..sarupa do hita ? Alai unang ma jou au 'bapa', au do marbapa tu ho, ai padang jambu do au".
    Aku jawab, "adat samosir do hita bapa, naparjolo tubu, ido tetap siabangan."

    Jd kl ada marga padang jambu yg tdk mengakui garis keturunan dr situmorang suhut nihuta, rasanya agak aneh, dan mngkin itu padang lain selain padang jambu.
    Cerita di atas memang tdk sepenuhnya benar, tp mirip. Krn yg nikah dgn putri pakpak itu bukan tuan suhut nihuta langsung, tp keturunan dr suhut nihuta bbrapa generasi dibawahnya.
    Memang pakpak bkn bagian dr batak/toba, sama halnya karo, simalungun, mandailing jg bukan bagian dr batak, tp diantara marga2 mereka sdh trjadi asimilasi dlm rentang waktu yg sangat lama. Itulah yg mnyebabkan ada bbrapa marga yg sama atau msh saling berafiliasi di kelima suku itu. Saya rasa tdk jd maslh seorg bermarga padang jambu mnyatakan dirinya org pakpak sekaligus mnyatakan dirinya anak dr situmorang suhut nihuta. Tdk mslh jg seorg bermarga siregar mnyatakan dirinya seorg mandailing sekaligus jg mnyatakan dirinya anak si raja lontung. Kelompok kesukuan hnyalah identitas umum, krn yg trpenting kita jgn smpe lupa siapa "bapak dan ibu" kita.
    Ini hnya pendapat pribadi saya, mohon maaf kl ada yg salah, Trims all

    BalasHapus
  7. Horas.. Au tubuni boru situmorang suhut ni huta.. Jala au marga pasaribu.. Boasa di dokkon padang masuk tu pasaribu. Pdahal molo hu jaha silsilah ni lae on. Nga tung pas hian be nian.mohon penjelasan lae ku

    BalasHapus
  8. Padang situmorang itu sama
    Tp klw marga padang masuk sma situmorang suhut ni huta

    BalasHapus
  9. Ok..
    Kisah yang sangat unik untuk kita ceritakan.
    Sejarah marga kita.

    BalasHapus
  10. Kesimpulannya marga padang batang hari ada 2 jenis.
    Pertama : marga Padang Batang Hari dari Keturunan Op. Suhut NI Huta /Situmorang /Soritandang dari Toba.

    Kedua, Marga Padang Batang Hari dari tarombo Raja Pakpak, yakni dari Suak Simsim. Ini menunjukkan asal mula nenek moyang Suku Papak berasal dari Klen Suku Tamil di India Selatan. Karena nama nama : Gajah, Batanghari, Maha, Manik adalah nama dari klen2 di India.

    BalasHapus
  11. Generasi papigahon ma mulai adong marga padangbatanghari on sian si rajabatak

    BalasHapus
  12. Saya selaku marga Padang Batanghari menjelaskan,ini salah!

    BalasHapus
  13. Saya Marga Padang Jambu, dan saya setuju dengan Unggahan ini, Krn beberapa orang Tua yang saya tanyakan sama ceritanya. Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama bang saya marga Padang jambu setuju
      Karan mamak,bapak,keluarga saya juga menceritakan gitu

      Hapus
  14. Salut saya orang batak tidak mengakui diri nya batak..
    Karna batak terbagi 6
    Batak toba, batak pakpak, batak karo, batak simalungun, batak mandailing, batak angkola

    Jgn malu jd orang batak, nenek moyang mu malu punya keturunan tdak mengakui suku nya brarti melupakan budayanya..

    BalasHapus
  15. Maaf Saya cuma tanya apakah dulunya setiap org batak toba yg merantau ke daerah yg lain suku,Marganya ganti menjadi marga suku tsb

    BalasHapus
  16. Maaf Saya cuma tanya apakah dulunya setiap org batak toba yg merantau ke daerah yg lain suku,Marganya ganti menjadi marga suku tsb

    BalasHapus
  17. ITU SALAH BANG / KAK
    PADANG BATANG HARI SAMA PADANG JAMBU ITU BEDA

    BalasHapus